Jumat, 18 Desember 2015

MENGENAL OBAT-OBAT HERBAL TRADISIONAL ENDE LIO

OBAT OBAT HERBAL ENDE LIO

Kesehatan adalah harta. Sebanyak apapun uang yang bisa kita miliki namun jika tubuh sakit rasanya uang tersebut seperti tidak ada artinya. Seperti saudara-saudara kita yang bahkan mampu untuk membeli makanan enak, mobil mewah kapanpun setiap saat namun karena hipertensi, makanan tersebut tidak bisa dinikmati olehnya.

Dewasa ini penderita penyakit degeneratif makin lama makin meningkat seiring meningkatnya tingkat ekonomi dan perubahan pola makan masyarakat Indonesia. Hal ini bisa kita lihat seperti menjamurnya restoran-restoran terutama di kota-kota besar, restoran tersebut biasa penuh sesak pada hari sabtu, minggu atau hari libur.
Pengobatan herbal dengan ramuan-ramuan tradisional sebetulnya bukanlah hal yang baru, pengobatan herbal sudah digunakan sejak zaman nenek moyang atau leluhur kita. Akan tetapi dengan perkembangan zaman dan budaya hidup instan orang lebih memilih obat-obat kimiawi yang ternyata juga memiliki efek negative terhadap tubuh manusia itu sendiri.

Seiring dengan munculnya kesadaran kembali ke alam (back to nature) orang-orang mulai memanfaatkan kembali ramuan-ramuan tradisional untuk mengobati ataupun menjaga kesehatan tubuhnya. Demikian pula di wilayah Ende Lio, sejak dahulu nenek moyang orang ende lio sudah mengenal dan memanfaatkan tanaman-tanaman maupun sumber daya alam lainnya untuk menjaga kesehatan dan mengobati yang sakit. Sehingga tidaklah mengherankan jika leluhur kita dari sisi jiwa, raganya lebih kuta dan usianya lebih panjang.

Di bawah ini kami mencoba memaparkan beberapa obat-obat herbal tradisional dan kegunaannya yang merupakan warisan nenek moyang kita ata (orang) Ende Lio ;

1. Wunu Kala (Daun Pagangan/sering diistilahkan dengan daun Ende)

Berguna untuk mengobati sakit demam pada anak, untuk mengobati darah tinggi. mengobati wasir, mengobati muntah darah, mimisan dan batuk darah, mengobati bisul, mengobati mata bengkak dan memerah, untuk menambah nafsu makan pada anak, dll


2. Wunu Nggawa Ngura (Daun Jambu Muda)

Berguna untuk mengobati sakit perut, Menurunkan Kolesterol, Mencegah Diabetes, Mengurangi Masalah Diare, Memperbaiki Pencernaan, Mengobati Demam Berdarah, Mengobati Alergi, dll


3. Muku (Pisang)

Pisang dari akar hingga buah memiliki manfaat yang beragama. Daun pisang Berguna untuk menurunkan panas pada anak-anak, bermanfaat untuk mengobati buang air besar berdarah dan berlendir, membantu mengatasi mimisan, Mengatasi radang pada tenggorokan, Meredakan batuk dan sakit dada, Untuk mengobati luka bisa memanfaatkan hati batang pisang, Untuk mengobati demam, mata dan  luka bakar, Mengobati demam, sakit mata dan  luka bakar dapat menggunakan daun pisang yang masih muda untuk lebih menyejukkan. Merawat rambut, Untuk kesehatan rambut dapat memanfaatkan cairan dari bonggol pisang. Anakan batang pisang dapat menormalkan sakit tulang akibat kecelakaan.


4. Wunu Uta Ba’I (daun Pepaya)

Pepaya selain buahnya yang mengandung vitamin namun Daun Pepaya juga Berguna untuk mengobati malaria, Mengobati luka baru jika dicampur dengan gula, Melancarkan Pencernaan, Mengatasi Tekanan Darah Tinggi, Melancarkan ASI Ibu Menyusui, Memperkuat Tulang Dan Gigi, Mengempukkan Daging, dll


5. Wunu Kesi/Ku’i Kesi (Daun Reo dan Kulit Pohon Reo)

Pohon Ini di jawa dikenal dengan sebutan jawa atau pohon kudo. Bagi orang flores dikenal dengan nama pohon reo. kulit Pohon ini Berguna untuk menghentikan pendarahan akibat luka ringan. penawar bisa racun.Pucuk daun dari pohon  ampuh untuk penawar bisa (racun) binatang berbisa, seperti ular atau gigitan serangga.  Caranya pucuk daunnya secukupnya kemudian ditumbuk  boleh dicampur dengan garam secukupnya  lalu oleskan pada luka.


6. Wunu Advokad (Daun Advokad)

Advokad selain buahnya yang lezat namun daunnya bermanfaat untuk mengobati nyeri lambung dan nyeri saraf, mengobati kencing batu, mengobati darah tinggi, mengobati menstruasi yang tidak teratur bagi kaum hawa, mengobati penyakit batu ginjal, mengobati sakit Pinggang, dll.


7. Sambiroto (Sambiloto)

Tanaman ini terkenal diseluruh Indonesia. Namun untuk orang ende jenis tanaman ini juga sudah dikenal sejak dahulu kala. Dia berfungsi Untuk menurunkan panas , mencegah kanker, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati penyakit tifus, menjaga stamina dan daya tahan tubuh, Mengobati radang paru, Mengobati sakit gigi,mengobati radang saluran pernapasan, Efektif untuk menawar racun, dll


8. Somu (Bawang Merah)

Selain sebagai bumbu masakan bawang merah juga berguna untuk mengobati berbagai jenis penyakit misalnya untuk menurunkan panas, megobati animea, meredakan sakit perut, mengobati gangguan urin, mengobati gula darah, sebagai pengganti amoniak untuk orang yang pingsan, mencegah terserang penyakit TBC, mengobati penyakit jantung, mengobati luka karena gigitan serangga dan masih banyak manfaat lain dari bawang merah.


9. Sunga (Bawang Putih)

Kawan dari bawang merah ini juga bermanfaat Untuk mengobati penyakit mag atau tukak lambung, mengobati sakit gigi, menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, sebagai sumber anti bakteri/virus, mengobati flu dan demam, mengobati diabetes, mengontrol berat badan, menyembuhkan penyakit kulit seperti panu, mengatasi racun yang ada dalam tubuh, menyembuhkan luka, menghilangkan gatal karena jamur, meredakan nyeri, mengobati radang tenggorokan dll.


10. Kune (Kunyit)

Untuk mengobati beberapa jenis penyakit misalnya luka dalam, mengurangi lemak, diabetes,mencegah kanker, Mengurangi Risiko Serangan Jantung dan Stroke, Melawan Demam dan Flu, Menyembuhkan Gangguan Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan, menyembuhkan batuk darah, meningkatkan stamina, membantu persalinan, menambah nafsu makan, mengobati borok dan koreng, mengobati usus buntu, mengobati penyakit thyfus, dll.


11. Wunu Kembo dan Esa Kembo (Daun dan Buah Mengkudu)

Daun mengkudu sendiri adalah menyembuhkan ambeien secara alami, mengobati perut kembung pada anak. Sedangkan bagi kecantikan, daun mengkudu berfungsi sebagai obat penghilang jerawat dan obat pelangsing tubuh alami.Buah mengkudu bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung, Mencegah kanker, Mengatasi kulit bersisik, Menyehatkan tulang.


12. Wunu Sarikaya (Daun Sirsak)

Manfaat daun sirsak lainnya adalah untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi dengan cara meminum air rebusan daun secara teratur sampai tekanan darah menurun, Mengobati stroke ringan, Mengurangi kadar kolesterol, Ramuan tradisional untuk kejang, Obat tradisional untuk penyakit kanker.


13. Nata dan Wunu Nata/Mengi (Sirih dan Daun Sirih)

Untuk daun manfaatnya Dapat menyembuhkan penyakit asma, menyembuhkan radang pada tenggorokan, menyembuhkan penyakit kulit seperti eksim, melancarkan haid yang tidak teratur, menghilangkan bau mulut, mengatasi keputihan, mengobati sariawan, mengobati demam berdarah, mengobati luka bakar, mengobati penyakit sifilis. Sedangkan buah sirih bermanfaat mengobati sakit atau nyeri tulang, mengobati stroke, melancarkan peredaran darah.


14. Wunu Nata/Mengi Toro (Daun Sirih Merah)

Mengobati Diabetes Melitus Batu Ginjal Hepatitis Radang Liver Menurunkan Kolesterol Mencegah Stroke Asam Urat Hypertensi Radang Prostat Radang Mata Keputihan Maag Kelelahan Nyeri Sendi Memperhalus Kulit Ambeian


15. Keu/Eu (Buah Pinang)

Mengatasi penyakit seperti haid dengan darah berlebihan, hidung berdarah (mimisan), koreng, bisul, kudis dan mencret, Sakit pinggang, Rabun Mata, Meningkatkan gairah seks kaum pria, Mengobati luka kulit, Obat cacingan, menguatkan gigi dan gusi dan meningkatkan stamina dan gairah seksual.


16. Kerwali (BrotoWali)

Membersihkan Dan Menguatkan Darah Anti Malaria Anti Radang Menyembuhan Luka Dan Penyakit Kulit Menurunkan Gula Darah Menurunkan Panas Mengatasi Alergi Gatal-Gatal Jerawat Dan Menghaluskan Kulit.


17. Mbindi (Belimbing Wuluh)

pengobatan reumatik, mengobati penyakit batuk, Menurunkan panas tinggi dan demam, Mengobati diabetes, Mengobati pegal linu.


18. Wunu Karara ( Daun Sukun)

Bagi orang Ende, karara (Sukun) sudah tidak asing lagi. Terkenalnya pohon sukun karena di bawah pohon sukunlah Soekarno merenung tentang Pancasila. Terlepas dari hal tersebut daun sukun memiliki beberapa khasiat misalnya untuk mengobati asam urat, untuk menyembuhkan sakit ginjal, meyehatkan jantung, mengobati diabetes, mengobati penyakit lever.

19. Kamu Ki (Akar Alang-alang)

Mengobati penyakit batu ginjal, menyembuhkan infeksi ginjal, mengobati kencing batu, menyembuhkan penyakit batu empedu, mengobati keputihan, menyembuhkan air kencing berdarah, menyembuhkan mimisan, mengobati sakit radang hati. menyembuhkan hepatitis. menyembuhkan demam. mengobati penyakit radang paru-paru. menyembuhkan gangguan pencernaan, Mengobati muntah darah, mengobati Kencing bernanah.

20. Ae Nio Ngura (Air Kelapa Muda)

Menghilangkan Dehidrasi, Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Menyembuhkan Penyakit Batu Ginjal, Menurunkan berat badan, Mengurangi Tekanan Darah Tinggi, bagi ibu hamil bila rajin minum air kelapa muda terutama di trimester ketiga kehamilan maka air ketuban akan bersih dan bayi yang dilahirkan juga bersih kulitnya, lebat rambutnya dan bening matanya.

21. Wunu Fate (Daun Kemangi)

Melancarkan aliran darah, Menjaga kesehatan organ jantung, Mengobati sariawan, Meningkatkan kekebalan tubuh, Membantu perkembangan tulang, Untuk mengobati panu, Pengobatan Infeksi Kulit, Mencegah Rambut Beruban, Pencegahan Rambut Rontok, mengatasi masalah gangguan pencernaan, mual, infeksi usus, radang lambung, serta gas dalam usus.

22. Wunu Waru (Daun Waru)

Mengobati TBC dan sakit paru-paru, Mengobati penyakit batuk, Mengobati amandel yang membengkak, Menyembuhkan radang usus, Mengatasi buang air besar berdarah, Mengobati muntah darah, menghentikan pendarahan.


23. Lea (Halia)

Haliah terdapat beberapa jenis. Namun umumnya mengandung manfaat seperti membantu untuk memperbaiki aliran darah dan pegal-pegal atau mengobati rematik dan encok, Pencegahan Demam dan Selesema, mengobati stroke (halia merah), mengobati panu, mengobati diare dan muntah-muntah, mengatasi masuk angin, membantu pencernaan agar lancar, mengatasi sakit perut atau lambung dengan menempelkan parutan haliah di perut, dll.


24. Nilu/Tuga (Jeruk Nipis)

Mengobati ambient, mengobati amandel, mengobati batuk, mengobati Batu Ginjal, Mencegah Rambut Rontok atau Berketombe, mengobati Radang dan lendir Tenggorokan, mengobati Kurap atau Panu dll.


25. Mbangga (Jeruk Purut)

Buah jeruk purut dapat menyembuhkan Influenza, menghilangkan kulit yang bersisik dan mengelupas, Perawatan Gigi Dan Gusi, menyembuhkan bau badan, menghilangkan pusing. Sedangkan daun jeruk purut dapat dimanfaatkan untuk Penyembuhan Setelah Sakit Keras, Untuk Kleso, Bengkak, Masuk Angin, Luka dan Patah Tulang dll.


26. Boda (Labu Putih)

Boda atau labu putih bentuknya panjang dan menjukur ke bawah. Boda berkhasiat untuk Mengobati penyakit thypus, menurukan panas tubuh, untuk mengobati tekanan darah tinggi, mengobati diabetes, memperlancar proses pencernaan, meningkatkan organ hati, dll.


27. Tewu (tebu)

Mengobati Batuk, Meredakan Panas Tubuh, Meredakan jantung Berdebar, Melawan Kanker Payudara, mengatasi peradangan tenggorakan, mengatasi mimisan, mengatasi masuk angin, mengatasi stroke  dll.


28. Taru (Tarum)

Tarum tidak hanya dikenal sebagai pewarna untuk tenun ikat namun juga bermafaat untuk kesehatan misalnya, akar tarum bermanfaat untuk pengobatan sakit gigi, daunnya berguna untuk mengobati penyakit epilepsy, mengobati bisul.


29. Wunu Koro (Daun Cabai/Lombok)

Bermanfaat untuk pengobatan bisul, mengobati sakit perut, menghilangkan jerawat, menghilangkan bekas luka, menghentikan pendarahan.


30. Uma (Lamtoro)

Mengobati diabetes, Mengobati disentri, Mengobati radang ginjal, Mengobati cacingan, mengobati luka memar, mengobati kencing manis, menghentikan pendarahan, mengobati cacingan dll.


31. Seku (Kencur)


Sejak jaman dahulu, kencur telah dikenal sebagai tanaman obat yang banyak digunakan untuk membantu mengobati berbagai macam penyakit. Manfaat kencur antara lain adalah untuk membantu meringankan sakit kepala, influenza, keselo dan beberapa penyakit ringan lainya. Khasiat kencur juga telah dikenal sejak jaman dahulu untuk membantu mengobati penyakit lambung/mag atau masuk angin, melangsingkan tubuh, meringankan serangan penyakit migrain, mengobati asma, mengobati penyakit rematik, mengobati tetanus, batuk serta mampu menghilangkan jerawat. Mengobati radang tenggorokan, mecuci darah kotor, mengobati kencing batu, mengobati Radang pada lambung dll.


32. Laja (Lengkuas)

Makan lengkuas dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan di perut yang disebabkan oleh peradangan atau penyakit lain. Lengkuas mengandung analgesik dan antipiretik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit seperti demam, serta dapat mengurangi infeksi akibat bakteri dan jamur. Lengkuas dapat digunakan sebagai pengobatan infeksi saluran pernapasan, lengkuas digunakan sebagai bahan ramuan untuk mengobati reumatik dan arthritis, dll


33. Nawe (Sereh)

Sereh adalah gudang nutrisi aromatik penting yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. Manfaat sereh misalnya, membantu mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh, Menyembuhkan insomania, membantu membersihkan pancreas dan meningkatkan fungsi pancreas, Serai mengandung zat besi yang sangat berguna untuk ksintetis hemoglobin (protein sel darah merah yang dapat membawa oksigen keseluruh jaringan tubuh). Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi serai dapat membantu anda menyembuhkan penyakit anemia.


34. Mage/Nangge (Asam Jawa)


Manfaat asam jawa sudah tidak tergantikan terutama untuk mengobati beberapa penyakit seperti disentri. Mengobati Penyakit ini menyerang saluran pernafasan, Mengatasi demam setelah nifas, Mengobati eksim, Mengatasi darah rendah, Mengobati ambeien, Obat batuk kering, Mengobati sariawan, Mengobati borok, Mengobati gatal alergi dan biduran, Mengobati sakit panas, Menyembuhkan luka, Mengobati rematik, Mengobati gatal pada bekas luka yang sudah kering, dll.


35. Sule (Inggu atau godong dalam bahasa jawa)

Bermanfaat untuk mengobati Demam, influenza, batuk, radang paru, ayan (epilepsi), hepatitis; Kejang pada anak, kecikutan (singultus, hiccup), kolik, cacingan,; Histeri (hysteria), nyeri ulu hati, nyeri dada dan hernia, bisul,; Haid tidak teratur, tidak datang haid (amenorrrhea),; Radang kulit bernanah, memar akibat benturan benda keras, ; Gigitan ular berbisa dan serangga, Keracunan obat atau racun,; Pelebaran pembuluh darah balik (vena varikosa),; Radang vena (flebitis) dll.


Ele Doi Ki Bhondo, Ele Ka Ghi Ji’e, Ele muri mera laka sa’o lepa eo gaga, demi ura baja laje, penyaki mera leka tebo, doi bhondo ka ji’e guna gana iwa. (Sekalipun Uang Banyak, biar makannya enak,, hidup dan tinggal di rumah yang mewah, namun jika badan terasa letih dan loyo dan penyakit hinggap di badan maka semuanya tidak akan berguna).


Demikian beberapa jenis obat herbal dari Ende Lio. Besar harapan pembaca sekalian dari generasi Ende Lio dapat menambahkan semoga makin memperkaya pengetahuan dan bermanfaat untuk kita.


OLEH : IHSAN D.

1 komentar:

  1. Bgai yang ingin mensharekan postingan ini kami persilahkan selama masih mencantumkan sumbernya..

    BalasHapus

Silahkan Beri Komentarnya