Rabu, 28 Oktober 2015

PERDEBATAN 9 LUBANG PADA MANUSIA

Terjadi perdebatan antara 9 lubang dalam diri manusia. Mula-mula 2 lubang Mata berujar, diantara kalian semua akulah lubang yang paling penting karena tanpa aku manusia tidak bisa melihat apa-apa. Manusia tidak bisa membedakan mana yang baik mana yang buruk, mana yang cantik mana yang jelek serta melihat segala isi dan realita kehidupan di dunia ini.

Perkataan mata ini disanggah oleh 2 lubang telinga yang menguping pembicaraan mata, kata telinga, “Maaf kawan mata, akulah yang paling penting karena tanpa aku manusia tidak bisa mendengar”. Siapapun yang memanggil, apapun yang menyerang dan bunyi-bunyian apapum jika aku menutup lubangku maka manusia tidak akan tahu.

Pekataan mata dan telinga selanjutnya dibantah oleh 2 lubang hidung, “sory kawan-kawan, sebenarnya akulah yang paling penting dan utama. Jika aku tak ada, maka manusia tidak dapat meghirup udara dan bernapas. Jika aku berhenti menghirup udara maka manusia akan mati, dan kalianpun juga akan ikut mati, tegas hidung”.

Lalu mulutpun membantah perkataan hidung, “aku memang hanya sendiri tanpa ada pasangan seperti kalian, tapi akulah yang paling penting karena lewat akulah manusia makan, minum dan berbicara. Jika aku tak membuka pintuku untuk makan dan minum tentu kalian semua akan lemas dan selanjutnya mati mengikuti jasad manusia. Jadi akulah yang terpenting sebagai saluran untuk makan dan minum serta memberi kekuatan dan tenaga bagi manusia termasuk kalian”.

Menyimak dialog dari 7 lubang yang berada diposisi atas pada diri manusia dan ditempat terbuka, lalu 2 lubang yang berada pada posisi bawah dan agak tertutup ikut ambil bagian dalam percakapan tersebut. “Maaf kawan-kawan semua, kami berdua memang berada dibagian paling bawah dan selalu menerima hal-hal yang buruk dan kotor dari kalian semua, namun jika kalian mengatakan bahwa masing-masing kalian adalah lubang yang paling penting, bagaimana jika kami berdua ngambek dan mengunci pintu kami. Jika kami menahan kotoran depan dan belakang untuk keluar bagaimana reaksi kalian?. Mulut, kamu pasti akan berteriak kesakitan, hidungpun jalan napas anda pasti akan terengah-engah dan ngos-ngosan, Demikian juga telinga, anda pasti akan merasa denging kesakitan dan kawan mata mungkin bola mata dan bagian putih anda akan berputar-putar. Apakah ini yang kalian masing-masing katakan bahwa kalianlah yang paling penting dan utama? organtubuhmanusia

Lalu kedua lubang bawah menegaskan “dalam diri manusia kita memang sudah diciptakan dengan bentuk yang berbeda dan berada pada posisi yang berbeda pula. Tapi tidak ada yang paling penting dan utama. Kita memang sudah diberi tugas dan fungsi masing-masing serta saling bergantung kepada satu sama lain agar manusia bisa hidup. Jadi janganlah saling berdebat dan saling menyakiti karena dari kita 9 lubang ini dosa dan pahala akan berlaku pada manusia. Jika kita terarah pada hal yang baik maka manusia itupun akan baik dan mendapat pahala. Demikan pula sebaliknya jika kita mengarah pada hal yang buruk dan maksiat maka manusia itupun akan terjerumus pada siksaan dunia dan akhirat.

Semoga bermanfaat.

Oleh : IHSAN DATO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Beri Komentarnya